lingkunganMetro KendariNews

Jelang HPN, Menteri LHK Tinjau Lokasi Penanaman Mangrove Presiden di Kendari

×

Jelang HPN, Menteri LHK Tinjau Lokasi Penanaman Mangrove Presiden di Kendari

Sebarkan artikel ini
HPN Kendari
Menteri LHK, Siti Nurbaya saat tinjau lokasi mangrove dekat Masjid Al Alam Kendari, Jumat (4/2/2022) Foto. Yondris Puamalo/metrokendari.id

Kendari – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meninjau langsung lokasi penanaman mangrove di pesisir teluk Kendari atau tepatnya dekat Masjid AL Alam, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (4/2/2022).

Adapun agenda penanaman pohon mangrove tersebut akan dilaksanakan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) yakni 9 Februari 2022.

Dalam agenda peninjauan itu, Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi Ketua PWI Pusat Atal S Depari , Ketua PWI Sultra Sarjono, Sekda Kota Kendari Nahwa Umar dan Pejabat lainya serta Pengurus PWI Sultra.

Siti Nurbaya mengatakan, bahwa bagi pemerintah penanaman mangrove itu, merupakan langkah positif yang mesti diberikan dukungan penuh. Bahkan, pihaknya sangat berterimakasih. Begitupun dukungan jurnalistik sangat penting karena telah membangun komunikasi publik yang mudah dipahami rakyat.

“Hari ini saya sudah mengunjungi Taman Nasional Rawa Aopa kemudian disitu ada pusat penangkaran rusa, dan ada rencana untuk pelepasan hewan anoa ke alam nanti,”katanya.

Lebih lanjut, ia mengapresiasi pihak PWI yang telah berinisiatif untuk membantu persiapan penanaman mangrove tersebut. Begitupun dengan jajaran kementerian dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) yang juga turut andil.

“Dalam pengecekkan lokasi penanaman mangrove ini saya bersama jajaran PWI karena beberapa tahun ini, sejak tahun 2019 PWI itu sangat kuat komitmennya dalam kaitannya dengan lingkungan. Kita sudah menanam bersama – sama PWI di Kalimantan Selatan dan beberapa daerah lain termasuk PWI Riau. Pada dasarnya beberapa tempat yang harus kita tanam akibat deforestasi. Dari pada diributin soal itu, mendingan fokus membangun negara dan daerah yang seharusnya ber hutan, tetapi masih terbuka. Maka dari itu, menanam saja agar jauh lebih baik,”katanya.

Senada dengan itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sarjono mengatakan, penanaman pohon mangrove akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo. Lanjut dia, sebanyak 20 ribu pohon mangrove disediakan yang kemudian ditanam di lahan seluas 4 hektar.

“Itu bagian dari keberpihakan kita terhadap lingkungan dalam upaya mempertahankan ekosistem mangrove. Dan itu menjadi salah satu agenda yang strategis. Dan bapak presiden akan melakukan pencanangan penanaman mangrove secara langsung disana,”ungkapanya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!