Metro KendariPendidikan

Siapkan Alumni Siap Kerja, 112 Mahasiswa Vokasi UHO Ikut Pelatihan di BLK Kendari

×

Siapkan Alumni Siap Kerja, 112 Mahasiswa Vokasi UHO Ikut Pelatihan di BLK Kendari

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa UHO
Ratusan mahasiswa UHO ikut pelatihan di BLK Kendari, Senin (29/11/2021) Foto. Yondris Puamalo/metrokendari.id

Kendari – Sebanyak 112 mahasiswa program pendidikan vokasi Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti pelatihan dan sertifikasi di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan pelatihan tersebut mulai sejak 29 November- 3 Desember 2022. Adapun program pelatihan yang diikuti oleh peserta yaitu operator Otomasi PLC, operator basic office, juru gambar arsitektur dan juru ukur (Surveyor).

Sementara itu, Rektor Universitas Halu Oleo Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud implementasi dari program merdeka belajar dan kampus merdeka dengan maksud agar mahasiswa tidak hanya belajar di kampus melainkan juga harus terjun langsung ke lapangan.

“Pada prinsipnya, mahasiswa tidak cukup belajar di kampus saja, tetapi harus terjun dilapangan sehingga kami menjalin kerjasama dengan BLK Kendari untuk menambah kompetensi mahasiswa,” ujarnya kapada wartawan.

Lebih lanjut, pihaknya juga berharap agar program pelatihan rutin dilaksanakan agar kemudian mahasiswa dapat terlatih dan mampu menjawab tantangan pasar kerja sesuai kompetensi yang dimiliki.

“Kalau bisa tidak hanya sekali saja dilakukan,
Sehingga mahasiswa lebih tahu apa yang sedang terjadi di luar sana. Bukan cumah yang ada dalam kampus,” terangya.

Senada dengan hal itu, Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengungkapkan, jika pelatihan tersebut akan dilangsungkan dengan uji kompetensi. Sehingga, peserta nantinya akan mendapatkan dua sertifikat yaitu sertifikat pelatihan dan kompetensi.

“Jadi setelah mengikuti pelatihan maka saya langsung undang aksesor dari berbagai BLK se Indonesia yang sudah ahli untuk menguji seluruh peserta,” katanya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!