Metro KendariPeristiwa

Air PDAM di Kendari Macet Berhari-hari, Ternyata Ini Sebabnya

×

Air PDAM di Kendari Macet Berhari-hari, Ternyata Ini Sebabnya

Sebarkan artikel ini
Air PDAM
Ruang kantor PDAM Kota Kendari

Kendari – Krisis ketersediaan air bersih di Kota Kendari, Sulawesi tenggara (Sultra), kini masih menjadi masalah serius yang kerap di keluhkan oleh warga yang terdampak.

Bahkan, tak jarang ditemui warga terpaksa harus mengeluarkan uang pribadi demi memperoleh air bersih untuk keperluan sehari-hari yang sifatnya sangat mendesak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, krisis air bersih tersebut sedikitnya terdapat dibeberapa kecamatan seperti, Wua – wua, Kadia, Puuwatu, Mandonga, Kendari dan Kendari Barat.

Salah seorang warga Kecamatan Kadia Samearto mengatakan, bahwa ia terpaksa harus menunggu sekitar dua minggu demi mendapatkan air bersih dari layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kendari.

“Kebetulan disini macet macet airnya jadi terpaksa kita beli air yang harganya itu Rp 50 ribu per tower” keluhannya saat di wawancarai, Senin ( 25/10/2021).

Saat dikonfirmasi terkait perihal tersebut, Kabag Hubungan Langganan PDAM Kendari Sarmin menjelaskan, faktor yang menyebabkan terhambatnya pendistribusian air bersih tersebut kerena terdapat kerusakan pada pompa air sumber Pohara

“Kalau sudah bermasalah pompanya maka secara otomatis pendistribusian air akan terganggu secara menyeluruh khusunya bagi yang menggunakan pompa air sumber pohara,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/10/2021).

Sementara itu, ia juga mengaku bahwa pihaknya sebelumnya telah memberlakukan sistem bergilir meskipun durasi distribusi air belum lancar.

“kebetulan saat ini masih dilakukan perbaikan agar bisa kembali seperti semula mungkin warga hanya mendapatkan air seminggu sekali menjadi tiga hari saja,” terangnya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!