EkonomiKonawe KepulauanNews

Himapindo Sultra: Smelter PT GKP Dinilai Mampu Jadikan Konkep Lebih Sejahtera

×

Himapindo Sultra: Smelter PT GKP Dinilai Mampu Jadikan Konkep Lebih Sejahtera

Sebarkan artikel ini
PT GKP
Ketua Umum Himapindo Sultra, Ahmad Zainul

Kendari – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) Korwil Sulawesi Tenggara (Sultra), Ahmad Zainul, menyebut rencana pembangunan Smelter PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Sebab menurut Ahmad, Sultra dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki produksi dan cadangan Nikel terbesar di Indonesia. Namun belum mampu mengantar pertumbuhan ekonomi di wilayah Timur Indonesia memiliki dasar yang kuat.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan perekonomian wilayah Timur seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan dari hanya sebesar 4,89 persen di 2017 menjadi 6,99 persen di tahun berikutnya,” ujar Ahmad, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga :Resmi, PT.GKP MOU dengan Pemda Konkep, Fokus Penyerapan Tenaga Kerja dan Kegiatan Usaha

Dia menambahkan, bahwa upaya pembangunan Smelter sebagai amanat undang undang untuk mendorong upaya hilirisasi Dunia Pertambangan bisa membawa Konawe Kepulauan menjadi Sentrum pembangunan Ekonomi Nasional khususnya Indonesia Timur .

“Baru-baru ini Kita lihat Pro Kontra kerja sama Pertambangan di barengi komitmen Pembangunan Smelter Nikel oleh PT. GKP dan Pemerintah daerah Konawe Kepulauan. upaya pembangunan Smelter sebagai amanat undang undang untuk mendorong upaya hilirisasi Dunia Pertambangan bisa membawa Konawe Kepulauan menjadi Sentrum pembangunan Ekonomi Nasional khususnya Indonesia Timur,” jelasnya.

Terkait hal itu, ia berharap pentingnya eran-peran krusial pemuda dan Mahasiswa khususnya Mahasiswa Konkep tentunya di harapkan untuk terus melahirkan ide dan gagasan gemilang sebagai sosial Control agar kedepannya komitmen serta kerja sama pemerintah daerah dan P. GKP menjadi maksimal.

“Konkep Sendiri sebagai kabupaten dengan Wilayah paling Strategis sebagai jalur Pertambangan dapat berkembang pesat dan nantinya bisa menjadi Sentrum Perekonomian yang tentunya bisa membawa Kesejahteraan bagi masyarakat wawonii dan Sulawesi Tenggara secara umum,” pungkasnya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!