EkonomiMetro KendariNews

16 Karyawan Indomaret di Kendari Dituntut Bosnya Bayar Ganti Rugi Puluhan Juta

×

16 Karyawan Indomaret di Kendari Dituntut Bosnya Bayar Ganti Rugi Puluhan Juta

Sebarkan artikel ini
Indomaret Kendari
Sejumlah karyawan Indomaret Laute, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari yang dikenakan ganti rugi oleh bosnya, Selasa (28/9/2021) Foto. Yondris Puamalo/metrokendari.id

Kendari – Akibat tidak mengganti kerugian barang rusak digigit tikus, sebanyak 16 Karyawan Indomaret yang terletak di Jalan Laute, Kecamatan Mandonga, Kota kendari, di nonjobkan.

Nilai kerugian yang harus dibayar sejumlah karyawan lumayan fantastis hingga, Rp 41.000.000. Bahkan karyawan kerap kali mendapat ancaman.

Hal itu, diungkapkan kepala toko Indomaret Laute Kendari, Kevin kigen sialla pasca melayangkan surat aduan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra, Selasa (28/9/2021).

Kevin mengaku, barang rusak tersebut, harus di buang karena mendapat instruksi dari pimpinan. Namun pihak Manager, tetap bersikeras agar para karyawan harus menggantinya dengan uang tunai beserta mendapat pemotongan gaji.

“Sudah tiga hari kami tdk masuk kerja dikarenakan harus membayar uang secara manual. untuk saya sendiri harus membayar sebesar Rp 16.000.000,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, perihal yang sama sering kali terjadi. Ironisnya, mereka tetap diarahkan untuk menstruk barang rusak dan kali ini harus mengganti kerugianya.

“Sebenarnya hal itu sudah melanggar SOP, harusnya barang rusak tidak diperbolehkan masuk dalam nota penjualan. Dan kami punya bukti berupa video kamera CCTV dan chatingan di WhatsApp,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia berharap agar masalah tersebut tidak sepenuhnya dibebankan kepada mereka dan mereka juga bersedia jika hanya pemotongan gaji.

“Kami berharap agar mereka melihat kondisi kami saat ini, masa harus membayar ganti kerugian dan dipotong gaji. Padahal pembuangan barang itu kami lakukan batas perintah atasan,” pungkasnya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!