EkonomiMetro Kendari

Asah Kemampuan Peserta Pelatihan, BLK Kendari Gelar Ujian Kompetensi

×

Asah Kemampuan Peserta Pelatihan, BLK Kendari Gelar Ujian Kompetensi

Sebarkan artikel ini
BLK Kendari
Pembukaan Ujian Kompetensi peserta pelatihan di BLK Kendari, Rabu (8/9/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id

Kendari – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar pelatihan berbasis kompetensi institusional non boarding tahap VIII di Aula Serba Guna BLK Kendari, Rabu (8/9/2021).

Kepala BLK Kendari, La Ode Polondu mengatakan 5 pelatihan berbasis kompetensi institusional non boarding yang di buka oleh pihak BLK, yakni pembuatan Roti dan kue II, tata rias pengantin muslim, asisten pembuat pakaian IV, menjahit pakaian wanita dewasa IV dan teknisi akutansi junior dengan jumlah peserta 80 orang.

“Dari lima kejuruan ini saya berharap ada perubahan dari siswa peserta yang mengikuti kegiatan ini, yang dari awalnya tidak mengetahui atau menguasai manjadi mengetahui menguasai dan pada akhirnya kompeten” ujarnya.

Menurutnya, hal ini tentu didukung oleh beberapa faktor kecerdasan yang memiliki beberapa hal, yakni kecerdasan emosional, intelketual, spiritual dan sosial.

Ia menjelaskan, kecerdasan intelektual meliputi pengetahuan dan keterampilan, kecerdasan emosional untuk bagaimana tingkat pengendalian diri siswa, kecerdasan spritual yang tidak hanya dengan berusaha tapi dengan diiringi dengan doa dan kecerdasan sosial yang bagaimana menciptakan hubungan harmonisasi yang baik.

“Dengan empat kecerdasan ini, Insyaallah kita upayakan untuk ditanamkan selama kegiatan pelatihan ini. Saya punya keyakinan yang disertai semangat dan kesungguhan dari adik-adik ini dan kedepan bisa menjadi orang-orang yang minimal dapat menolong dirinya sendiri untuk tidak bergantungan hidup pada orang lain”, paparnya.

Selain itu, kata dia, selama pelatihan berlangsung di masa pandemi Covid-19, pihaknya juga selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

error: Dilarang Keras Copy Paste!