Metro KendariPeristiwa

Heboh Gempa Bumi di Kendari, BMKG: Ada Sesar Aktiv di Puuwatu

×

Heboh Gempa Bumi di Kendari, BMKG: Ada Sesar Aktiv di Puuwatu

Sebarkan artikel ini
Gempa Bumi Kendari
Geografis gempa bumi yang terjadi di Kendari, pada Rabu (1/9/2021) Sumber. BMKG

Kendari – Warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), sempat dibuat panik dengan peristiwa gempa bumi berkekuatan 3,6 Skala Ritcher (SR), pada Rabu (1/9/2021) sekitar pukul 15.50 Wita.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, sumber gempa terjadi pada bagian Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, di kedalaman 5 Kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari segmen North di Tenggara Puuwatu, Kota Kendari,” ujar Kepala BMKG Sultra, Rusdin dalam keterangannya yang diterima metrokendari.com.

Dia menambahkan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari dan Puuwatu dengan Intensitas III – IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Getaran terasa seakan akan ada truk berlalu dan Jendela Kaca Bergetar). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 16.10 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” jelas Rusdin.

error: Dilarang Keras Copy Paste!