Otomotif

Apa Itu NRKB? Simak Penjelasan dan Cara Ceknya di STNK

×

Apa Itu NRKB? Simak Penjelasan dan Cara Ceknya di STNK

Sebarkan artikel ini
Apa Itu NRKB
Apa Itu NRKB? Simak Penjelasan dan Cara Ceknya di STNK

METROKENDARI.COM – Setiap kendaraan di Indonesia wajib memiliki nomor registrasi kendaraan bermotor atau lebih sering disebut pelat nomor. Fungsi utama dari nomor tersebut adalah sebagai alat identifikasi kendaraan.

Ada dua cara untuk mengecek nomor registrasi kendaraan, pertama lewat pelat nomor yang terpasang di depan dan belakang kendaraan, lalu yang kedua melalui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kalau di STNK, cara mengeceknya ada di kolom NRKB.

Lantas, apa sih NRKB itu? Lalu bagaimana cara mengeceknya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu NRKB?

Mengutip laman Suzuki, NRKB adalah singkatan dari Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor. NRKB merupakan kode unik yang diberikan oleh pemerintah untuk membedakan antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya.

Apa pun merek maupun jenis kendaraannya, baik mobil, sepeda motor, hingga bus pasti memiliki NRKB yang tertera di STNK. Ketika kamu baru membeli kendaraan dan sudah mendapatkan STNK, coba cek lagi NRKB-nya. Pastikan sesuai dengan yang tertera di pelat nomor dan di NRKB.

Fungsi NRKB

NRKB tak hanya sekadar menunjukkan identitas kendaraan yang sah dan terdaftar di data kepolisian, sebab NRKB memiliki sejumlah fungsi lainnya. Berikut fungsi NRKB.

Sebagai Bukti Kepemilikan Resmi Kendaraan

Digunakan untuk proses administrasi kendaraan, seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).
Membantu mencocokkan nomor registrasi kendaraan yang tertera di NRKB dan terpasang di pelat nomor.

Memastikan kendaraan tersebut benar dan sesuai dengan yang tertulis di NRKB. Hal ini dapat membantumu ketika ingin transaksi jual-beli kendaraan.

Cara Cek NRKB di STNK

Cara mengecek NRKB di STNK terbilang mudah dan cepat. Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan STNK milik kamu, lalu buka bagian lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan yang kertasnya berwarna hijau kebiruan.

error: Dilarang Keras Copy Paste!