Info dan Tips

Kenapa Alat Berat Kebanyakan Berwarna Kuning? Yuk Simak Alasannya!

×

Kenapa Alat Berat Kebanyakan Berwarna Kuning? Yuk Simak Alasannya!

Sebarkan artikel ini
Alat Berat
Kenapa Alat Berat Kebanyakan Berwarna Kuning? Yuk Simak Alasannya!

METROKENDARI.COM – Alat berat atau alat konstruksi seringkali kita temui di sebuah proyek pembangunan besar baik itu infrastruktur, tambang ataupun properti. Satu hal yang paling pasti, alat berat dan konstruksi itu kebanyakan berwarna mencolok yaitu kuning cerah.

Penggunaan warna kuning pada alat berat seperti excavator, backhoe, forklift, dsb sudah ada sejak zaman dahulu. Penggunaan warna itu juga sudah menjadi standar tersendiri.

Tapi, tahukah alasan kenapa alat berat mayoritas berwarna kuning?as pada peralatan konstruksi sejak dulu, sehingga ini sudah menjadi sebuah standar dalam industri konstruksi.

Dikutip dari The Constructor, warna kuning pada peralatan konstruksi memiliki beragam asal muasal yang muncul selama revolusi serta adanya manfaat mengapa penggunaan warna kuning menjadi sebuah standar yang mempengaruhi pekerjaan di lokasi konstruksi.

Lantas, kenapa alat konstruksi dimana-mana selalu warna kuning? Simak berikut ini.

Sejarah Warna Kuning

Standar warna kuning pada alat konstruksi sudah ada selama beberapa generasi, tetapi asal muasalnya masih sedikit misteri dan berbagai teori telah muncul. Salah satu teori yang paling banyak disetujui adalah keterkaitannya dengan keselamatan konstruksi.

Warna kuning memiliki visual yang cerah dan mencolok sehingga penggunaan warna ini membantu mesin dan peralatan mudah dikenali. Warna mencolok ini memudahkan orang di lokasi mengetahui keberadaan mesin berbahaya tersebut dan membantu mengambil tindakan pencegahan jika diperlukan.

Selaras dengan pernyataan tersebut, ada teori lain yang juga menyatakan bahwa penggunaan warna kuning pada peralatan konstruksi sudah terjadi terus menerus pada revolusi industri.

Kuning memiliki warna yang efisien dan ideal karena unggul dalam berbagai kondisi pencahayaan sehingga mudah ditemukan pada lingkungan berbahaya di lokasi konstruksi tersebut.

Kemungkinan juga pemilihan warna kuning juga ada kaitannya dengan budaya, seperti pada beberapa negara menganggap warna kuning memiliki simbol kekuatan, daya taha, dan kekuasaan.

Sehingga banyak yang mempercayai bahwa teori ini masuk akal menganggap warna pada peralatan konstruksi sesuai dengan kepercayaan tersebut.

Bagaimanapun alasan dibalik warna kuning ini, pemilihan warna ini akan terus berlanjut dan sangat membantu orang yang berada di lokasi untuk memastikan keberadaan mesin mudah diketahui karena unsur mencoloknya, sehingga lingkungan kerja juga tercipta lebih aman.

Manfaat Warna Kuning

Dalam hal konstruksi, peralatan berwarna kuning mungkin terasa heran mengapa diantara semua warna, kuning menjadi pilihan untuk alat konstruksi. Manfaat warna kuning pada alat konstruksi bisa dilihat dari alasan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
1. Sangat Mencolok...
error: Dilarang Keras Copy Paste!