Internasional

Tentara Israel Terekam Video Tendang Mayat dari Atap di Tepi Barat

×

Tentara Israel Terekam Video Tendang Mayat dari Atap di Tepi Barat

Sebarkan artikel ini
Tentara Israel
Tentara Israel Terekam Video Tendang Mayat dari Atap di Tepi Barat

METROKENDARI.COM – Rekaman video yang beredar menunjukkan tentara Israel menyeret dan menendang sesosok mayat dari atap bangunan di wilayah Tepi Barat. Militer Tel Aviv menyebutnya sebagai “insiden serius” dan menyatakan sedang menyelidiki lebih lanjut.

Sedangkan Amerika Serikat (AS), sekutu Israel, menyebut apa yang ditunjukkan dalam video itu “sangat meresahkan”.

Video yang beredar luas secara online sejak Kamis (19/9) itu, seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (21/9/2024), awalnya menunjukkan tiga tentara Israel berada di atap sebuah bangunan di kota Qabatiyah, dekat Jenin, Tepi Barat.

Dalam video tersebut, tentara-tentara Israel itu terlihat menyeret, mendorong, melempar, dan bahkan menendang, beberapa mayat dari atap bangunan tersebut.

Salah satu tentara Israel itu, menurut laporan AFP, tampak menggunakan kakinya untuk menggulingkan mayat-mayat itu ke tepi atap bangunan dan mendorongnya ke bawah, masih dengan kakinya.

Zakaria Zakarneh, paman dari salah satu pria yang mayatnya ditendang tentara Israel, mengatakan dirinya melihat apa yang terjadi. Dia menuturkan kepada Reuters bahwa tentara-tentara Israel naik ke atap bangunan setelah warga-warga Palestina terbunuh.

“Mereka berusaha menurunkan jenazah itu dengan buldoser tapi tidak berhasil, sehingga mereka melemparkannya dari lantai dua hingga ke tanah. Saya terluka, sangat sedih dan marah sehingga saya tidak bisa berbuat apa-apa,” ucap Zakarneh.

Qabatiyah yang terletak di bagian utara Tepi Barat, merupakan lokasi operasi penyerbuan besar-besaran militer Israel sejak akhir Agustus lalu, yang menurut otoritas kesehatan Palestina, telah menewaskan puluhan orang.

Dalam pernyataan pada Jumat (20/9), militer Israel menyebut empat militan tewas “dalam baku tembak” di Qabatiyah, sedangkan tiga militan lainnya tewas dalam serangan udara terhadap sebuah kendaraan di area tersebut.

Saat ditanya soal rekaman video yang beredar, militer Israel menyebut tindakan tersebut bertentangan dengan nilai-nilainya dan berjanji untuk menyelidikinya, serta memastikan ada pihak yang bertanggung jawab.

error: Dilarang Keras Copy Paste!