Info dan Tips

Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Segini Honor Paskibraka dari Tingkat Kabupaten Hingga Nasional

×

Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Segini Honor Paskibraka dari Tingkat Kabupaten Hingga Nasional

Sebarkan artikel ini
Honor Paskibraka
Foto : Anggota Paskibraka

METROKENDARI.COM – 17 Agustus selalu diperingati sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu bentuk peringatan HUT RI adalah dengan menggelar upacara bendera di sekolah, instansi pemerintah, hingga istana negara.

Dalam upacara tersebut, proses pengibaran dan penurunan bendera merah putih dilakukan oleh Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Setelah bertugas, Paskibraka akan mendapatkan honor atas dedikasi dan pengorbanannya selama berlatih hingga berbulan-bulan.

Ternyata, banyak yang penasaran mengenai kisaran honor yang didapat oleh Paskibraka. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, simak selengkapnya dalam artikel ini.

Kisaran Honor Paskibraka dari Berbagai Tingkat

Sebagai informasi, Paskibraka terbagi ke dalam berbagai tingkatan, mulai dari kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Pada umumnya, semakin tinggi tingkatannya maka semakin besar honor yang didapat.

1. Honor Paskibraka di Tingkat Nasional

Honor atau upah yang diterima oleh Paskibraka nasional diperkirakan sekitar Rp 3-10 juta. Tak hanya itu, mereka juga berpotensi mendapatkan sejumlah bonus atas kinerjanya.

PT Pegadaian mengapresiasi Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2022 yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara pada perayaan HUT RI ke-77. Pegadaian memberikan beasiswa berupa Tabungan Emas dengan total nilai sebesar Rp 248 juta.

Kala itu, beasiswa tabungan emas diberikan kepada 68 anggota Paskibraka dan 44 orang pelatih. Masing-masing anggota Paskibraka mendapat Tabungan Emas senilai Rp 3 juta dan para pelatih masing-masing senilai Rp 1 Juta.

Contoh lainnya pada 2017 lalu, Paskibraka tingkat nasional mendapat beasiswa pendidikan senilai Rp 165 juta. Beasiswa ini salah satu bentuk Corporate Social Responsibility yang diberikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

2. Honor Paskibraka di Tingkat Provinsi

error: Dilarang Keras Copy Paste!