News

Wilayah Buton Selatan Diguncang Gempa Bumi 2.9 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

×

Wilayah Buton Selatan Diguncang Gempa Bumi 2.9 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
Gempa Bumi
Gempa Bumi (Ilustrasi)

METROKENDARI.COM –Gempa Bumi berkekuatan 2,2 Skala Ritcher (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (1/4/2024) sekira pukul 04.21 Wita.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi di Kecamatan Sampolawa berlokasi di darat pada jarak 10.2 km pada kedalaman 5 km.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di Barat Daya Sampolawa,” tulis Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudi dalam siaran persnya yang diterima metrokendari.com.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Reporter. Wayan Sukanta

error: Dilarang Keras Copy Paste!