News

Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Sultra, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Selama 7 Hari Kedepan

×

Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Sultra, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Selama 7 Hari Kedepan

Sebarkan artikel ini
Prakiraan Cuaca

METROKENDARI.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (15/3/2024).

Berdasarkan data hasil pantauan BMKG, hujan melanda hampir merata terjadi diseluruh daerah di wilayah Sultra yang berlangsung selama 7 hari ke depan mulai 15 -21 Maret 2024. Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi untuk beberapa wilayah perairan di Sultra.

Berikut Data Prakiraan Cuaca BMKG wilayah Sultra :

Prakiraan Cuaca BMKG juga mengeluarkan peringatan dini prakiraan akan terjadinya gelombvang tinggi di beberapa wilayah perairan di Sultra. Diprakirakan gelombang tinggi laut mencapai 2,5 meter yang terjadi di Laut Banda Timur Sultra bagian selatan. Pola angin umumnya dari Barat Laut sampai Timur Laut dengan kecepatan 2 – 20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara bagian Selatan.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran : Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m),” dikutip dari siaran pers resmi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. Sumber.

BMKG

error: Dilarang Keras Copy Paste!