Teknlogi

7 Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

×

7 Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Penyebab HP Cepat Panas
7 Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

METROKENDARI.COM Handphone (HP) jadi salah satu gawai yang sulit banyak orang lepas pada zaman sekarang ini. Intensitas penggunaannya yang tinggi bisa membuat ponsel cepat panas.

Ketika terlalu panas, kamu bisa lho sampai merasakan rasa sakit di tangan saat memegang HP. Jika terus-menerus dibiarkan overheat, ponsel bahkan dapat mengalami kerusakan pada sistemnya.

Kira-kira, apa ya penyebab HP mudah panas? Dan adakah cara untuk mengatasinya?

Penyebab HP Cepat Panas

Dilansir situs Avast, ada sejumlah penyebab umum yang membuat HP gampang panas. Yuk simak penjelasannya!

1. Membuka Terlalu Banyak Aplikasi

Suhu ponsel dapat meningkat ketika beberapa aplikasi dibuka sekaligus. Ini karena aplikasi menjalankan proses latar belakang yang menguras CPU dan memori meski tidak digunakan secara aktif.

2. Aplikasi Boros Baterai

Saat menjalankan suatu aplikasi yang boros baterai dalam waktu lama, itu sudah cukup untuk membuat ponsel jadi cepat panas. Aplikasi yang menggunakan baterai intensitas tinggi, seperti yang mengandung elemen augmented reality (AR) atau aplikasi grafis berat.

3. Terkena Sinar Matahari Langsung

Meski hanya dalam waktu singkat, HP yang terkena sinar matahari langsung dapat membuatnya mudah panas. Apabila ponsel dibiarkan berada di bawah matahari dalam waktu lama, komponen internalnya bisa sampai rusak permanen.

4. Baterai atau Charger yang Rusak

Wajar jika HP menjadi sedikit panas saat pengisian daya. Tapi kalau ponsel jadi terlalu panas, itu bisa jadi disebabkan oleh baterai atau charger yang rusak.

error: Dilarang Keras Copy Paste!