Kesehatan

18 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Mujarab, Lengkap Cara Pakai dan Khasiatnya

×

18 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Mujarab, Lengkap Cara Pakai dan Khasiatnya

Sebarkan artikel ini
Radang Tenggorokan
Radang Tenggorokan

METROKENDARI.COM – Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan adalah gangguan yang dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan akan semakin terasa ketika menelan.

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu. Seseorang yang mengalami sakit tenggorokan akibat virus dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan tertentu.

Namun seseorang juga dapat mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri yang disebut juga dengan radang tenggorokan. Gangguan ini memerlukan pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah gangguan yang lebih parah bahkan komplikasi.

Lantas apa saja jenis obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit radang tenggorokan? simak penjelasannya.

Daftar Obat Radang Tenggorokan

1. Efisol
Efisol Lozenges adalah obat untuk mengatasi masalah infeksi atau radang yang terjadi di mukosa mulut, amandel, dan tenggorokan.

Efisol lozenges mengandung dequalinium 0,25 mg dan vitamin C 25 mg yang dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap 3 jam. Saat kondisi terlihat sudah membaik, konsumsi 1 tablet hisap setiap 4-5 jam sekali.

BACA JUGA :Terbukti Ampuh, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Sementara itu, efisol bentuk cair atau Efisol Liquid mengandung dequalinium 5 mg dan vitamin C 2.5 mg. Obat ini dapat digunakan 2-4 kali sehari dengan cara melarutkan 10-20 tetes ke dalam segelas air.

2. Cooling 5 Spray
Cooling 5 Spray adalah obat dalam bentuk semprot yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, iritasi ringan pada mulut dan tenggorokan, serta nyeri akibat sariawan. Obat sakit tenggorokan ini mengandung phenol 1.4%.

Kandungan tersebut dapat berperan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus penyebab sakit tenggorokan. Penggunaan obat ini cukup mudah, yaitu tinggal disemprotkan ke arah tenggorokan setiap 3 jam sampai gejala hilang.

3. SP Troches Meiji
SP Troches Meiji merupakan tablet hisap untuk tenggorokan sakit yang bisa Anda coba. Obat yang mengandung dequalinium chloride 0,25 mg ini berguna untuk mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan, radang pada laring, gingivitis sampai infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.

BACA JUGA :BPOM Kendari Gandeng Polda Sultra Sidak Peredaran Obat Sirup di Apotek

Obat ini tersedia dalam dua varian rasa yaitu melon dan stroberi. Penggunaan obat ini tidak lebih dari 8 tablet sehari.

4. Degirol
Degirol merupakan obat radang tenggorokan dalam bentuk hisap yang mengandung dequalinium chloride 0.25 mg. Selain digunakan untuk mengatasi peradangan di tenggorokan, obat yang memiliki rasa lemon ini bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada rongga mulut serata mencegah sakit flu dan batuk.

error: Dilarang Keras Copy Paste!