Internasional

Jokowi: RI dan Mikronesia berbagi peran untuk hadapi tantangan global

×

Jokowi: RI dan Mikronesia berbagi peran untuk hadapi tantangan global

Sebarkan artikel ini
Jokowi

Nusa Dua, Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sebagai sesama negara kepulauan, Indonesia lalu Mikronesia berbagi peran serta kontribusi nyata untuk menghadapi tantangan global.

“Khususnya untuk menghadapi perubahan iklim, perekonomian biru, tata kelola laut yang digunakan dimaksud baik, serta juga pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Federasi Mikronesia Wesley Simina di tempat area sela KTT AIS Forum di area area Nusa Dua, Bali, pada Rabu, seperti disampaikan oleh Biro Pers, Media, serta Informasi Sekretariat Presiden.

Sementara itu, dalam pidato pengantarnya, Presiden Simina menyampaikan apresiasi atas undangan yang dimaksud diberikan Presiden Jokowi kepada Mikronesia untuk menghadiri KTT AIS Forum tahun ini.

“Saya secara pribadi ingin menyampaikan ucapan selamat atas suksesnya penyelenggaraan AIS High Level Meeting,” ujar dia.

Presiden Simina pun menyebut bahwa Mikronesia serta Indonesia memiliki kesamaan. Menurut dia, hal itu menjadi daya tarik keikutsertaan Mikronesia dalam KTT AIS Forum.

“Saya tahu ketika saya menerima undangan dalam Mikronesia, tanpa ragu saya langsung menerimanya akibat saya ingin bergabung dengan Anda di area dalam bidang perlindungan laut akibat kita mempunyai kesamaan, jadi saya berterima kasih atas undangannya,” kata dia.

Selain itu, Presiden Simina juga turut menyambut baik perkembangan yang tersebut ada dalam KTT AIS Forum dengan disepakatinya empat prioritas kerja identik dalam deklarasi bersama para pemimpin AIS.

error: Dilarang Keras Copy Paste!