KriminalMetro KendariNews

Jamin Keamanan Saat Liputan Demo, Polda Sultra-Jurnalis Latihan Bersama

×

Jamin Keamanan Saat Liputan Demo, Polda Sultra-Jurnalis Latihan Bersama

Sebarkan artikel ini
Polda Sultra
Simulasi keamanan liputan jurnalis di Polda Sultra, Kamis (27/5/2021) Foto. metrokendari.id

Kendari – Bidang Humas Polda Sultra dan Wartawan di Kota Kendari menggelar kegiatan latihan bersama terkait standar keamanan dalam liputan unjuk rasa.

Kegiatan keamanan liputanan itu digelar di halaman apel Markas Polda Sultra, pada Kamis (27/5/2021).

Sebelum dimulai, sejumlah wartawan terlebih dahulu mendapatkan materi khusus oleh Kabag Ops Sat Brimob Polda Sultra, AKP Asri Dini.

Materi tersebut tentang standar keamanan liputan dan posisi aman saat berada di tengah aksi demonstrasi.

AKP Asri Dini mengatakan, dalam keamanan liputan jurnalis terdapat tiga zona warna yang gambarkan terkait situasi unjuk rasa.

“Ada 3 zona yang perlu harus diketahui dalam liputan unjuk rasa. Perama, Zona Hijau, Zona Kuning dan Zona merah,” ujar Asri.

Dia menjelaskan, ketiga zona itu menjadi patokan posisi yang aman ketika wartawan melakukan pengambian gambar agar tidak terkena dampak atau menjadi sasaran kekerasan.

“Zona hijau yaitu suatu kondisi dimana eskalasi unras masih berjalan aman. Wartawan dapat bebas mencari posisi aman mengambil gambar. Zona kuning, menandakan bahwa situasi Unras sudah mulai terjadi ada gejolak, berarti harus mundur dan berada di samping polisi. Terakhir, zona merah, menandakan eskalasi Unras sudah memburuk dan terjadinya kericuhan. Berarti wartawan harus mundur lebih jauh dengan radius 20 meter berada di belakang aparat keamanan untuk posisi aman,” jelasnya.

Usai menjelaskan materi tersebut, dilanjutkan dengan menggelar simulasi di halaman apel Mapolda Sultra. Para wartawan kemudian mempraktekan materi yang telah diperoleh.

error: Dilarang Keras Copy Paste!