Metro KendariNewsViral

Fantastis! Pedang Bekas Raja India Ini Laku Terjual Rp 255 Miliar, Begini Bentuknya!

×

Fantastis! Pedang Bekas Raja India Ini Laku Terjual Rp 255 Miliar, Begini Bentuknya!

Sebarkan artikel ini
Pedang Bekas Raja India
Fantastis! Pedang Bekas Raja India Ini Laku Terjual Rp 255 Miliar, Begini Bentuknya!

METROKENDARI.ID Pedang bekas raja India Selatan, Sultan Fateh Ali Tipu terjual di acara lelang seharga US$ 17 juta atau setara dengan Rp 255 miliar (dalam kurs Rp 15.000). Konon pedang tersebut pernah dipakai Sultan Tipu saat perang di India Selatan.

Pedang tersebut terjual melalui lelang yang dilakukan oleh rumah lelang Bonhams asal Inggris. Pedang itu laku dengan harga 7X lipat dari yang diperkirakan.

“Pedang memiliki sejarah yang luar biasa, dan sumber pemilik yang menakjubkan, dibuat dengan cara yang tak tertandingi,” kata Nima Sagharchi, pihak dari Bonhams, yang dikutip dari CNN, Rabu (25/5/2023).

Nigma mengatakan pedang milik Sultan Tipu ini berhasil dilelang dan mendapat dua penawar yang saling bersaing guna mendapat pedang tersebut. Penawaran dilakukan melalui sambungan telepon.

“Tidak mengherankan jika persaingan sengit terjadi antara dua penawar melalui telepon dan seorang penawar di dalam ruangan. Kami senang dengan hasilnya,” tambahnya.

Sultan Tipu memimpin kerajaan bernama MySore yang berada di India Selatan sejak 1782 sampai 1799 atau hingga dirinya meninggal dunia di usianya yang ke 48 tahun. Tipu dibunuh oleh pasukan Inggris pada 4 Mei 1799.

Sultan Tipu mendapat gelar ‘Harimau MySore’ karena dikenal dengan keberaniannya dalam mempertahankan kerajaan MySore. Sultan Tipu juga berhasil mengubah ekonomi kerajaan MySore menjadi dinamis.

Dalam pedang tersebut, terdapat juga tulisan kaligrafi berlumur emas bertuliskan ‘Pedang Penguasa’ dalam bahasa persia. Pedang tersebut konon berasal dari Jerman yang dikenalkan kepada India pada abad ke-16.

“Pedang senjata ini adalah yang terbesar dari semua senjata dengan kaitan Sultan Tipu yang masih ada,” tutup Bruno Vinciguerra, CEO Bonhams.

error: Dilarang Keras Copy Paste!