Berita Kendari Hari IniMetro KendariNewsPolitik

Seleksi Calon Anggota KPU Sultra Resmi Dibuka, Cek Jadwal dan Tahapannya

×

Seleksi Calon Anggota KPU Sultra Resmi Dibuka, Cek Jadwal dan Tahapannya

Sebarkan artikel ini
KPU Sultra
Konferensi pers pengumuman seleksi pendaftaraan calon anggota KPU Sultra, pada Jumat (10/2/2023) Foto. Yudhi/metrokendari.id

METROKENDARI.ID – Tim seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara masa kerja 2023-2028 secara resmi membuka pendaftaran calon anggota. Waktu pendaftaran dibuka selama dua belas hari terhitung mulai 10 sampai 21 Februari 2023.

Panitia Timsel menyiapkan mekanisme pendaftaran melalui dua cara. Bisa secara online lewat link pendaftaran yang telah disediakan KPU, atau mendaftar secara langsung dengan mendatangi sekretariat timsel KPU Sultra dan mengambil formulir pendaftaran.

Ketua Timsel KPU Sultra, Abdul Kadir menjelaskan, terdapat catatan penting dalam pendaftaran yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran. Katanya, jika mendaftar jalur dalam jaringan (online), maka saat itu pula seluruh dokumen syarat pendaftaran sudah harus disetorkan ke Timsel KPU.

“Setelah dibawa, tidak ada lagi yang bisa diubah dari data itu,” katanya kepada wartawan di sekretariat KPU Sultra, Jumat (10/2/2023).

Lebih lanjut Abdul Kadir menerangkan, masih ada kemungkinan waktu pendaftaran akan diperpanjang, apabila syarat seperti yang sudah dipersyaratkan dalam Peraturan KPU (PKPU) belum terpenuhi.

“Tetapi kalau secara rasional yang disyaratkan oleh PKPU itu memenuhi, maka akan jalan tahapan selanjutnya. Kita akan lakukan verifikasi berkas,” jelasnya.

Baca Juga : Seleksi Anggota Bawaslu Sultra Mulai Dibuka, Simak Syarat Daftar dan Tahapannya

Proses tahapan seleksi calon anggota KPU Sultra dijadwalkan berlangsung mulai Februari sampai April. Diawali waktu pendaftaran 10-21 Februari dirangkaikan dengan pemeriksaan berkas pendaftaran.

Berikutnya, pengumuman perpanjangan pendaftaran 22-27 Februari, kemudian penetapan hasil seleksi berkas administrasi pendaftaran 1 April 2023.

error: Dilarang Keras Copy Paste!