Berita Kendari Hari IniHeadlineKesehatanMetro KendariNews

Waduh! Air PDAM Tirta Anoa Kendari Tercemar Bakteri E-Coli

×

Waduh! Air PDAM Tirta Anoa Kendari Tercemar Bakteri E-Coli

Sebarkan artikel ini
PDAM Tirta Anoa Kendari
Ilustrasi Air PDAM

METROKENDARI.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), menemukan adanya bakteri Escherichia Coli (E-Coli) yang mengendap pada sumber air baku milik PDAM Tirta Anoa Kendari di Intake Anggoeya.

Terkait temuan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari langsung memerintahkan pihak PDAM untuk segera melakukan uji laboratorium.

“Merespons temuan BPK itu, kami sudah melakukan rapat internal dengan pihak terkait, dan saya sudah tugaskan PDAM untuk melakukan uji lab,” ujar Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut Wali Kota Kendari mengungkapkan, uji laboratorium tersebut dilakukan sebagai bahan pembanding dari temuan bakteri di Intake Anggoeya.

Ia menyebut, sampel air yang diambil bersumber dari mata air PDAM Tirta Anoa yang akan diuji di laboratorium internal Pemkot Kendari melalui Dinas Kesehatan dan laboratorium independen di Kota Kendari.

“Dengan dilakukan uji itu, kita ingin mengambil sampel dari sumber mata air langsung, lalu hasilnya akan ada langkah tindak lanjut dari kami,” jelasnya.

Baca Juga :Wali Kota Kendari Didesak Copot Dirut PDAM

Untuk diketahui, BPK Sultra menemukan adanya kandungan bakteri E-Coli pada air PDAM di Intake Anggoeya pada Kamis (19/1/2023) lalu. Temuan BPK itu disampaikan pada saat penyerahan laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu kepada Pemkot Kendari.

Intake Anggoeya sendiri khusus mengaliri rumah-rumah masyarakat di dua kecamatan yakni, Kecamatan Poasia dan Kecamatan Kambu di Kota Kendari.

Bakteri E-Coli berasal dari kotoran manusia atau hewan yang bisa jadi telah mencemari sumber air baku. Sumber air baku ini menjadi tempat PDAM Tirta Anoa Kendari mengambil air untuk dialirkan ke rumah-rumah warga.

Mengenal Apa itu Bakteri E-Coli

Bakteri E coli yang merupakan kependekan dari Escherichia coli adalah sekelompok jenis bakteri. Sama seperti bakteri jenis lain, bentuk bakteri E coli tidak kasat mata dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan bantuan miskroskop.

Halaman Selanjutnya
Bahaya bakteri E coli...
error: Dilarang Keras Copy Paste!