KesehatanMetro KendariNews

Susah Buang Air Besar? Yuk Coba 5 Minuman Pembersih Usus Kotor Ini

×

Susah Buang Air Besar? Yuk Coba 5 Minuman Pembersih Usus Kotor Ini

Sebarkan artikel ini
Minuman Pembersih Usus Kotor
Susah Buang Air Besar? Yuk Coba 5 Minuman Pembersih Usus Kotor Ini

METROKENDARI.ID – Usus manusia merupakan rumah dari triliunan mikroorganisme yang berasal dari makanan yang dikonsumsi manusia. Mikroorganisme dalam usus ini merupakan gabungan bakteri jahat dan baik. Saat bakteri jahat mendominasi di dalam tubuh, tentu dapat menghasilkan sejumlah gangguan kesehatan dan penyakit serius.

Salah satu cara mengurangi risikonya adalah dengan mengonsumsi minuman yang dapat mendetoksifikasi bakteri jahat dalam usus. Bahkan, peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara usus besar yang bersih dan bebas racun dengan penurunan berat badan.

Dikutip dari Medicinenet, berikut beberapa minuman pembersih usus yang bisa dicoba di rumah.

1. Air Putih

Minum air putih agar tetap terhidrasi merupakan cara sederhana untuk mengatur pencernaan. Minum enam sampai delapan gelas air hangat per hari dapat membantu membersihkan usus kotor.

2. Jus dan Smoothie

Asupan jus dalam jumlah sedang bisa bermanfaat bagi tubuh termasuk usus besar. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan, membantu tubuh tetap terhidrasi.

Penelitian 2015 silam menemukan vitamin C yang terdapat banyak dalam buah dan sayuran, dapat membantu membersihkan usus besar. Namun, tidak ada cukup penelitian tentang ini untuk usus besar. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan risiko.

Sedangkan smoothie, bisa lebih bermanfaat bagi usus besar dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ampas dan kulit biasanya hilang saat membuat jus, jus mengandung lebih sedikit serat. Serat sangat bagus untuk usus besar dan smoothie mengandung lebih banyak serat.

3. Jahe

error: Dilarang Keras Copy Paste!