KesehatanMetro Kendari

Hati-Hati, Kekurangan Dopamin Ternyata Bisa Sebabkan Halusinasi

×

Hati-Hati, Kekurangan Dopamin Ternyata Bisa Sebabkan Halusinasi

Sebarkan artikel ini
Kekurangan Dopamin
Kekurangan Dopamin

METROKENDARI.ID – Tubuh manusia ternyata mengandung hormon dopamin yang berfungsi sebagai salah satu pendukung metabolisme. Dopamin sendiri merupakan senyawa alami tubuh yang memiliki peran penting saat proses pengiriman sinyal menuju otak secara langsung.

Pemberian hormon dopamin sering dijadikan sebagai salah satu penanganan dalam beberapa kondisi medis yang sangat penting, contohnya saja seperti serangan jantung dan gagal ginjal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hormon dopamin akan bekerja dengan cara meningkatkan pompa jantung serta aliran darah menuju ginjal.

Apakah Kekurangan Dopamin Bisa Sebakan Halusinasi?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dopamin merupakan kandungan yang sangat penting sebagai pendukung metabolisme tubuh. Jika seseorang kekurangan dopamin, halusinasi bisa menjadi salah satu dampak yang akan ditimbulkan.

Ini terjadi karena adanya gangguan yang terjadi saat proses pengiriman sinyal ke dalam otak. Maka dari itu, kekurangan dopamin dapat menyebabkan halusinasi itu memang benar. Halusinasi merupakan sebuah gejala yang sering dialami oleh orang yang kekurangan dopamin. Karena rendahnya hormon tersebut, proses pengiriman sinyal ke otak menjadi terganggu.

Gejala Lain yang Ditimbulkan Karena Kekurangan Dopamin

Selain halusinasi, pengidap kondisi ini ternyata bisa mengalami beberapa gejala lain, diantaranya sebagai berikut!

  • Mengalami kram, kejang pada bagian otot, dan tremor
  • Mengalami nyeri otot yang berlebih
  • Menderita sembelit atau konstipasi
  • Kurangnya keseimbangan motorik pada tubuh
  • Otot menjadi terasa kaku
  • Adanya perubahan berat badan tanpa sebab
  • Kesulitan saat menelan serta mencerna makanan
  • Penurunan gairah seksual
  • Adanya keinginan untuk bunuh diri dan melukai diri sendiri
  • Hilangnya konsentrasi dan daya ingat

Umumnya, para penderita hormon dopamin sangat sulit sekali untuk dikenali gejalanya. Para dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan gejala yang mendasar, seperti gaya hidup dan penyakit bawaan yang mungkin bisa menjadi penyebab kurangnya dopamin dalam tubuh.

Penyebab Seseorang Kekurangan Dopamin

Jika seseorang kekurangan dopamin, tentu saraf otak tidak dapat bekerja secara efektif dalam mengirimkan sinyal. Kondisi seperti ini tentunya dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh otak dalam mengatur berbagai macam fungsi kognitif dan motorik yang ada di dalam tubuh.

Kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti skizofrenia, depresi, gangguan psikosis, serta penyakit parkinson. Tidak hanya kondisi medis saja, namun penyalahgunaan terhadap obat-obatan ternyata dapat menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh.

Cara Mengatasi Kekurangan Dopamin

Jika Anda sering mengalami halusinasi, mungkin itu menjadi tanda bahwa Anda sedang kekurangan dopamin. Meski demikian tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya sebagai berikut!

  • Mengurangi Konsumsi Asupan Makanan dengan Kadar Gula Tinggi
error: Dilarang Keras Copy Paste!