KesehatanMetro KendariNews

Menkes RI Laporkan Satu Warga DKI Jakarta Terkonfirmasi Virus Cacar Monyet

×

Menkes RI Laporkan Satu Warga DKI Jakarta Terkonfirmasi Virus Cacar Monyet

Sebarkan artikel ini
Cacar Monyet Indonesia
Alat test virus cacar monyet

Jakarta – Salah seorang warga DKI Jakarta dilaporkan terinveksi virus Monkeypox atau Cacar Monyet. Kasus ini menjadi pasien pertama di Indonesia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Kasus monkeypox atau cacar monyet telah muncul di Indonesia, dan pasien diketahui berasal dari DKI Jakarta, Pria berusia 27 tahun.

“Diketahui 1 terkonfirmasi positif monkeypox. Konfirmasinya tadi malam dari DKI Jakarta,” ujar dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022).

Syahril menjelaskan, pasien tersebut baru pulang dari perjalanan luar negeri pada 8 Agustus 2022. namun sayangnya saat dilakukan tracking oleh medis, pasien tersebut tidak menyebutkan negara mana yang habis dikunjunginya.

Pria tersebut dinyatakan positif pada Jumat (19/8/2022) malam, setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR. Dalam penjelasannya, Syahril mengatakan pria itu hanya mengalami gejala ringan.

Sehingga tidak diperlukan perawatan khusus di ruang ICU atau Rumah Sakit. Bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di Rumah.

“Dalam hitungan dua hari setelah cek PCR tadi malam hasilnya keluar ternyata positif dan bergejala ringan. Sehingga tidak perlu diisolasi di ICU atau rumah sakit cukup isoman di rumah,”imbuh dr Syahril

error: Dilarang Keras Copy Paste!