Berita Kendari Hari IniKabar DaerahMetro KendariNewsPemerintahan

Daftar 12 Kecamatan yang Diwacanakan Masuk Pemekaran Konawe Timur

×

Daftar 12 Kecamatan yang Diwacanakan Masuk Pemekaran Konawe Timur

Sebarkan artikel ini
Pemekaran Konawe Timur
Peta wilayah Kecamatan Konda (sumber. google map)

Kendari – 12 Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), diwacanakan akan ditarik bergabung dalam pemekaran Konawe Timur.

Konawe Timur atau yang disingkat dengan Kontim, rencanannya akan dipusatkan di Kecamatan Konda sebagai Ibu Kota Kabupaten baru.

Alasan Kecamatan Konda dipilih sebagai Ibu Kota Kabupaten Konawe Timur karena dianggap strategis titik tengah antara Mowila dan Laonti sebagai daerah terjauh.

“Makanya ibu kotanya di Konda. Itu adalah titik tengah antara yang terjauh Laonti dengan Mowila. Kantor bupatinya itu di Konda, tapi dinas-dinas bisa ke Moramo Utara, supaya tidak terlalu sentral. Sesuai kondisi wilayah. Kira-kira konsepnya begitu,” ujar Ketua Pemekaran Konawe Timur, Ridwansyah Taridala kepada awak media waktu lalu.

Namun demikian, pusat perkantoran sebagian juga nantinya akan dibangun di bagian Kecamatan Moramo Utara yang saat ini masih wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Makanya ibu kotanya di Konda. Itu adalah titik tengah antara yang terjauh Laonti dengan Mowila. Kantor bupatinya itu di Konda, tapi dinas-dinas bisa ke Moramo Utara, supaya tidak terlalu sentral. Sesuai kondisi wilayah. Kira-kira konsepnya begitu,” beber Ridwansyah.

Daftar Kecamatan di Konawe Timur

  1. Mowila
  2. Sabulakoa
  3. Landono
  4. Ranomeeto
  5. Ranomeeto Barat
  6. Konda
  7. Wolasi
  8. Moramo
  9. Moramo Utara
  10. Kolono
  11. Kolono Timur
  12. Laonti
error: Dilarang Keras Copy Paste!