Konawe SelatanNewsPeristiwa

BMKG Deteksi Wilayah Konsel 2 Kali Diguncang Gempa Bumi

×

BMKG Deteksi Wilayah Konsel 2 Kali Diguncang Gempa Bumi

Sebarkan artikel ini
Gempa Bumi
Data Grafis gempa bumi di Konsel, Sumber. BMKG Sultra

Konawe SelatanGempa Bumi tektonik mengguncang sebagain wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, sedikitnya dua kali.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, gempa bumi itu berkekuatan 2,7 Skala Ritcher (SR).

“Gempa bumi pertama terjadi pada Rabu (7/4/2021) sekitar pukul 22.00 Wita dengan titik gempa terletak di koordinat 4.27 LS, 122.44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5.2 km, Barat Laut Laeya, Konsel pada kedalaman 10 km,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin dalam keterangan tertulisnya yang diterima metrokendari.com Kamis (8/4/2021).

Rudin menambahkan, gempa bumi kedua kembali terdeteksi pada Kamis (8/4/2021) sekitar pukul 09.00 Wita.

“Ini gempa kedua yang terjadi setelah kemarin malam pukul 22.00 Wita,” ucapnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lainea di Barat Laut Laeya.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Laeya dengan Skala Intensitas II – III MMI ( (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

‘Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.,” tandasnya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!