Metro KendariNewsRamadhanSerba-serbi

Ceramah Ramadhan, Wali Kota Kendari Ingatkan Pentingnya Menjaga Lisan Saat Berpuasa

×

Ceramah Ramadhan, Wali Kota Kendari Ingatkan Pentingnya Menjaga Lisan Saat Berpuasa

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Kendari
Wali Kota Kendari Sulkarnain saat membawakan ceramah di Masjid Al-Khautsar Kota Kendari.

Kendari – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan beberapa hal yang harus dihindari selama berpuasa diantaranya adalah menghindari ghibah atau gosip.

Menurut Sulkarnain, umat muslim yang tengah menjalani puasa ramadhan tidak hanya serta merta menahan lapar dan haus saja. Akan tetapi membicarakan orang lain dalam waktu luang meskipun itu hanya sebatas lelucon juga termasuk ihwal yang tidak dianjurkan.

“Kita kadang tersandung dalam praktek ghibah menceritakan tentang kondisi orang lain, yang betul-betul terjadi pada orang lain,”ujarnya saat membawakan ceramah di malam ke 13 Ramadhan 1443 di Masjid Al-Khautsar Kota Kendari, Kamis (14/4/2022).

Dia melanjutkan, kedua adalah fitnah, menceritakan atau menuduh seseorang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

“Kita juga kadang terjebak dalam memfitnah mengatakan sesuatu yang tidak kita ketahui kebenarannya,” katanya.

Melalui bulan Ramadhan ini, dirinya berharap, bulan yang datang sekali dalam setahun ini, lisan dapat digunakan lebih produktif.

Terakhir ia mengutip Hadist Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW), Sulkarnain menyampaikan, dari  Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” (HR Bukhari). “Sebab, bulan suci ramadhan berikutnya belum tentu dapat kita jumpai,”pungkasnya.

error: Dilarang Keras Copy Paste!