Buton UtaraEkonomi

Jelang Ramadhan, Bupati Butur Tinjau Harga Sembako dan Ketertiban Pasar

×

Jelang Ramadhan, Bupati Butur Tinjau Harga Sembako dan Ketertiban Pasar

Sebarkan artikel ini
Harga sembako jelang ramadhan
Bupati Butur, Ridwan Zakariah tinjau harga sembako di pasar menjelang Bulan Ramadhan

Buton Utara – Menjelang Bulan Puasa Ramadhan, Bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ridwan Zakariah, memantau langsung harga sembako dan pemanfaatan fungsi parkir kendaraan roda empat dan dua di pusat perbelanjaan pasar sentral Mina-minanga Kulisusu. Kamis, (31/03/2022).

Dalam kunjungan tersebut Bupati Ridwan Zakariah didampingi oleh Asisten Ekonomi Dan Pembangunan Karya Jaya Hasan dan Kepala Bidang, Pengelolaan Pasar Dinas Perindag Laode Abdul Ses.

Usai meninjau harga dan ketersediaan, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindag, Laode Abdul mengatakan, saat ini stok bahan kebutuhan pokok masyarakat di pasar Mina-minanga seperti minyak goreng, terigu, beras, dan sayur-mayur masih tersedia, kecuali daging dapat diperoleh di rumah potong hewan Kelurahan Wandaka. 

“Namun demikian, ada beberapa bahan terjadi fluktuasi atau kenaikan harga, terutama minyak goreng terbilang mahal,” ungkapnya

Ia menjelaskan saat ini harga minyak goreng, terutama minyak curah di tingkat penjual berkisar Rp. 50. 000 perliter masih terbilang mahal. 

Menurutnya, harga tersebut lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 11 Tahun 2022, yakni Rp 14.000 sampai dengan Rp 15.500 per liternya. 

Melihat kondisi kenaikan harga minyak goreng saat ini, Ridwan Zakariah meminta, Dinas terkait khususnya Dinas Perindag dan Satuan Pol PP untuk melakukan operasi penertiban pasar secara rutin, demi terciptanya kondusifitas.

“Terutama pengoptimalan ruang dan fungsi pasar yang tersedia serta memastikan stabilitas harga tetap aman dari spekulan menjelang Bulan Suci Ramadan 1443 H,” ujarnya

error: Dilarang Keras Copy Paste!